Jumat, 01 Maret 2013

Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur



GAMBARAN UMUM WILAYAH


Kabupaten Rote Ndao adalah sebuah kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Merupakan kabupaten paling selatan di Republik Indonesia. Ibukota kabupaten ini terletak di Baa. Kabupaten in memiliki luas wilayah 1.731 km². Kabupaten Rote Ndao memiliki luas wilayah 1280,10 km2. Dari 96 pulau yang ada di Kabupaten Rote Ndao, hanya 6 pulau yang berpenghuni[3], yaitu:


Hampir sebagian besar terdiri dari padang rumput, pohon lontar, pohon pinus, cendana, gewang, dan bakau. Hewan-hewan menyusui besar misalnya, kerbau, sapi, kuda. Hewan menyusui kecil, misalnya kambing, babi dan domba. Binatang menjalar misalnya ular. Unggas misalnya, burung Kakatua, Nuri dan sebagainya.
Iklim di wilayah Kabupaten Rote Ndao sama halnya dengan iklim di daerah lainnya dalam wilayah Propinsi Nusa Tenggara Timur yaitu iklim kering yang dipengaruhi oleh angin Muson dengan musim hujan pendek, yang jatuhnya sekitar bulan Desember sampai April. seiring dengan terjadinya perubahan iklim dan pola hujan yang tidak menentu, berakibat pula pada tingginya dampak dan peluang risiko bencana. 
Mayoritas masyarakat Rote Ndao umumnya memeluk keyakinan kristen, berdasarkan data jumlah penduduk menurut agama diketahui bahwa penduduk desa Londalusi yang beragama islam sebanyak ±1.888 jiwa. Besarnya angka tersebut menjadikan agama islam di desa Londalusi (Rote Timur) sebagai agama kedua dengan jumlah jamaah terbanyak setelah penganut agama Kristen protestan.
Banyaknya Fakir Miskin, menurut Kecamatan di Kabupaten Rote Ndao tahun 2011 yang paling banyak di daerah Rote Barat Laut 2948 KK, kemudian Rote Barat Daya 2619 KK, di ikuti Rote Timur sebanyak 2525 KK, Pantai Baru 2016 KK,Lobalain 1908 KK, Rote tengah 1357 KK, Rote barat 1120 KK, dan rote selatan 472 KK. Berdasarkan data yang diperoleh, wilayah muslim dengan kantong kemiskinan terbanyak dan terkonsentrasi di lokasi yang berdekatan adalah di Londalusi kecamatan Rote timur, oleh karena itu survey difokuskan di Rote Timur.



PROFIL KECAMATAN ROTE TIMUR
1.a. Demografis& Geografis Kecamatan Rote Timur
         Luas wilayah rote timur adalah 110,84 Km2 yang terdiri dari 6 desa dan 1 kelurahan, yaitu :
         1.      Kelurahan Londalusi
         2.      Desa Hundihopo
         3.      Desa serubeba
         4.      Desa Faifua
         5.      Desa Lakamola
         6.      Desa Yukekuku
         7.      Desa Matasio
       Londalusi termasuk dalam wilayah administratif  Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Secara geografis, desa ini termasuk ke dalam wilayah pesisir karena letaknya yang berbatasan langsung dengan Laut Sawu. Berikut adalah batas-batas wilayah Desa Londalusi :

Sebelah Utara              : Laut Sawu
Sebelah Selatan           : Desa Hundihopo
Sebelah Barat              : Desa Mukekuku
Sebelah Timur             : Desa Serubeba

Jarak Desa Londalusi dari pusat pemerintahan kecamatan sekitar 0,5 km, sedangkan jarak dari ibu kota Kabupaten berjarak 58 km. Secara administrasi, Desa Londalusi terdiri dari 4 dusun, yaitu Papela, Iia, Eahun, dan Debolok. Adapun total jumlah Rukun Warga (RW) di Desa Londalusi adalah 7 RW dan 19 RT. Di Kelurahan / Desa Londalusi terdapat 1126 KK dimana terdiri dari 2123 laki-laki, dan 1905 perempuan.
Luas Wilayah Desa Londalusi adalah 12,52 Km² dengan komposisi Sawah, Tanah Kering, Tanah Hutan, dan Tanah Fasilitas Umum. Untuk tanah sawah terdiri dari sawah irigasi teknis 125 Ha, sawah tadah hujan 85 Ha, dan sawah pasang surut 40 Ha. Tanah kering terdiri atas tanah pekarangan atau bangunan seluas 164 Ha, tanah hutan belukar 10 Ha. Sementara itu untuk tanah keperluan fasilitas umum terdiri dari tanah keperluan olah raga seluas 0,5 Ha, jalur hijau seluas 1 ha, pemakaman seluas 2 ha, tanah tandus dan tanah pasir seluas 95 m².  Selanjutnya adalah tanah yang tersedia untuk aktivitas sosial yang diantaranya adalah masjid 2.000 m², gereja 4.000 m², pendidikan seluas 6.000 m². dan untuk kesehatan seluas 1.200 m².
Desa Londalusi memiliki ketinggian wilayah 500 meter dari permukaan laut, dengan curah hujan rata-rata 60 mm/tahun. Selain itu, terdapat 90 hari dengan curah hujan yang banyak dan suhu udara rata-rata di wilayah Desa Londalusi antara 30°C sampai 32°C.
1.b. Mata Pencaharian
Menurut mata pencaharian di Kelurahan Londalusi rata-rata berprofesi sebagai nelayan yaitu sebanyak 526 orang, petani pemilik tanah sebanyak 480 orang dan sisanya sebagai petani penggarap tanah, buruh, pedagang, PNS dll. Untuk masyarakat muslim, yang berada di Papela pun menggantungkan kehidupannya dari hasil laut yaitu berprofesi sebagai nelayan kecuali warga Non Muslim di tiga dusun selain dusun Papela, warganya bekerja sebagai petani, berkebun dan peternak. Ketiga dusun tersebut adalah Iia, Eahun, dan Debolok. Alternatif lain aktivitas masyarakat muslim di desa Londalusi apabila tidak bisa menjadi nelayan adalah menjalankan usaha warung, kios atau toko sembako, tambak garam, tambak ikan bandeng, rumput Laut, kepiting dan udang. Namun aktivitas usaha itu sangat membutuhkan permodalan yang besar serta pengetahuan terkait pengelolaan dan akses pasar.

Keberadaan koperasi sebenarnya menjadi salah satu penjamin kesejahteraan masyarakat sekitar. Namun sampai pada saat ini masih terdapat pinjaman anggota yang belum terselesaikan sehingga menjadikan fungsi koperasi semakin lama semakin lemah. Rata-rata piutang yang ada pada anggota berkisar antara Rp. 400.000,- sampai Rp. 1.000.000,-. Kecenderungan anggota koperasi yang tidak menyelesaikan pinjamannya adalah karena kondisi ekonomi dan karakter SDM yang kurang bertanggung jawab (masyarakat menganggap kekayaan koperasi merupakan hibah dari pemerintah yang diamanahkan pada koperasi untuk kemudian menjadi kewajiban koperasi untuk menyalurkan langsung ke masyarakat).
Sektor perikanan merupakan mata pencaharian utama masyarakat muslim Desa Londalusi. Sebagian besar dari warga muslim mengandalkan hasil laut sebagai penopang kehidupan keluarganya. Masyarakat muslim yang bekerja sebagai nelayan memiliki aktivitas melalut dengan mengikuti musim angin barat dan angin timur. Musim angin timur terjadi pada bulan April sampai Desember dimana nelayan berlayar menuju perairan perbatasan antan Indonesia dengan Australia dimana fokus utamanya adalah menangkap ikan hiu. Ikan hiu ditangkap untuk kemudian dijual siripnya. Sementara itu, pada musim angin barat nelayan akan berlayar di sekitar pulau Rote dimana aktivitas yang dilakukan adalah menangkap udang dan ikan bandeng.
Pada saat musim angin barat sebagai nelayan aktivitas utamanya adalah menangkap udang dengan penghasilan antara Rp. 450.000,- sampai Rp. 600.000,-. Sementara itu untuk musim angin timur para nelayan menggantungkan hidupnya dengan melakukan penangkapan ikan hiu untuk diambil siripnya. Penangkapan ikan hiu dilakukan di peraiaran perbatasan antara Indonesia dengan Australia. Maksimal penghasilan bersih nelayan sirip hiu adalah Rp. 1.845.000,- perbulan. Pada kondisi tertentu ada kalanya nelayan pulang dari melaut dengan tangan hampa sehingga harus menanggung biaya operasional yang pada akhirnya nelayan tersebut merugi atau dalam istilah warga sekitar disebut “minus”.
Satu hal yang sangat disayangkan adalah dengan melimpahnya hasil ikan, masyarakat belum memiliki teknologi pengolahan secara khusus sehingga tidak dapat meningkatkan nilai jual. Umumnya masyarakat masih berfikir bahwa dengan dijual segar tanpa diolah sudah bisa terjual. Padahal jika diolah menjadi produk turunan seperti kerupuk ikan, baso dan siomay ikan, abon ikan dan lainnya akan bernilai ekonomi lebih tinggi yang tentunya akan mengantarkan kepada peningkatan kesejahteraan.





Berdasarkan hasil wawancara dengan nelayan yang biasa berlayar ke perbatasan Australia, warga di Londalusi khususnya Dusun Papela tidak jarang yang secara sengaja masuk keperbatasan australia dengan tujuan mereka dapat ditangkap oleh pihak Australia dan di penjara. Mereka beralasan bahwa penghasilan di penjara dapat lebih besar daripada harus berlayar tanpa hasil, selain itu fasilitas yang ada di penjara dan tempat karantina pun sangat lengkap, mulai dari makanan 4 sehat 5 sempurna, sarana olahraga, hiburan hingga waktu beribadah pun di atur dan difasilitasi dengan baik.
1.c. Pendidikan & Kesehatan
Dilihat dari aspek pendidikan, secara umum tingkat pendidikan warga Desa Londalusi tergolong masih rendah karena sebagian besar tidak tamat Sekolah Dasar dan tidak sekolah serta hanya sedikit tamatan SD. Persentasi masyarakat berdasarkan tingkat pendidikan berbanding terbalik dengan jumlah masyarakat, dimana semakin tinggi tingkat pendidikan maka semakin sedikit jumlah masyarakat yang ikut sekolah.
Tabel 4. Data Jumlah Penduduk Desa Londalusi Berdasarkan Tingkat Pendidikan
Tingkat Pendidikan
Jumlah Penduduk (Jiwa)
Belum Sekolah
41
Tidak Tamat Sekolah Dasar
572
Tamat Sekolah Dasar
75
Tamat Akademi/ Sederajat
11
Tamat Perguruan Tinggi/ Sederjat
33

Beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya tingkat pendidikan masyarakat di Desa Londalusi diantaranya adalah rendahnya minat anak-anak usia sekolah untuk sekolah karena lebih memilih bekerja ke laut dan mendapatkan uang, lemahnya motivasi orang tua dalam upaya menyekolahkan anak, keterbatasan ekonomi dengan anggapan mahalnya biaya pendidikan, kondisi sekolah yang kurang layak, pengaruh pergaulan dengan anak-anak yang tidak sekolah.
Akses terhadap sarana kesehatan di Desa Londalusi sebenarnya tergolong mudah. Tercatat ada dokter, bidan desa, puskesmas, puskesmas pembantu, namun untuk rumah sakit biasanya warga diarahkan ke RSUD Ba’a dengan waktu tempuh perjalanan 3 jam. Dengan demikian melihat ketersediaan sarana dan prasarana tersebut maka dalam hal kesehatan masyarakat Desa Londalusi tidak mengalami kesulitan apabila sewaktu-waktu harus berobat. Selanjutnya, dalam rangka optimalisasi fungsi puskesmas sebenarnya pemerintah setempat telah memberlakukan pelayanan kesehatan secara gratis kepada warga masyarakat baik yang dilakukan secara masal maupun reguler. Namun tetap saja masih banyak terdapat warga yang belum mengetahui kegiatan tersebut sehingga tingkat partisipasi masyarakat dirasakan masih sangat rendah.
Menurut keterangan dari pihak aparat desa diketahui bahwa banyak warga yang masih belum mengetahui keberadaan dan fungsi puskesmas sehingga warga lebih memilih untuk melakukan pengobatan secara tradisional yang dianggap lebih mudah dan murah dalam memberikan kesembuhan daripada pelayanan di puskesmas yang masih belum berjalan secara optimal.
Pada posisi lain, masyarakat muslim khususnya merasakan hal yang berbeda karena terdapat perlakuan diskriminatif yang berbau SARA oleh pihak pemerintahan daerah. Oleh karena itu, khusus mayarakat muslim lebih memilih sikap sebagaimana telah diuraikan di atas. Selama perjalanan survei kondisi puskesmas selalu sepi bahkan tidak ada tanda-tanda aktivitas pelayanan kesehatan yang dilakukan kepada pasien. Adapula kecenderungan penyebaran penyakit TBC masyarakat dan kondisi gizi buruk pada usia anak-anak.
1.d. Sarana dan Prasarana
1). Akses Jalan & Transportasi
Desa Londalusi dapat dicapai dengan menggunakan jasa kendaraan umum dalam bentuk angkutan umum. Angkutan umum berangkat dengan jam pemberangkatan tertentu dengan tujuan akhir Dusun Papela. perjalanan menuju Desa Londalusi dari arah Ba’a maka akan melewati daerah Nomodale, Olefulihaa atau kecamatan Pantai Timur dengan akses jalan yang relatif mudah namun pada kondisi tertentu mengalami perlambatan akibat banyaknya ternak kambing, domba maupun sapi yang berkeliaran di tengah jalan. Perjalanan diawali dari Desa Ba’a karena lokasi dermaga tempat kapal penyeberangan dari Kupang bersandar berada di Ba’a. Selanjutnya sepanjang perjalanan memasuki wilayah Desa Londalusi tampak hutan dan hamparan hijauan sepanjang jalan, baik sebelah kanan maupun kiri jalan.






Sarana jalan di Desa Londalusi terutama di Dusun Papela umumnya berupa jalan aspal dengan kondisi yang masih cukup baik. Akan tetapi kondisi sarana akses transportasi dan jalan yang cukup baik tersebut tidak didukung dengan kendaraan angkutan umum yang memadai, jumlah angkutan umum di dusun Papela hanya terdiri dari satu unit sehingga mobilitas masyarakat menuju Dusun Papela maupun keluar dusun tidak terlalu mudah. Akibatnya adalah akses terhadap perkembangan informasi dan ekonomi banyak terhambat. Satu-satunya alternatif untuk terjadinya mobilitas adalah dengan menggunakan sepeda motor, baik itu sewa atau menggunakan milik pribadi. Secara umum kondisi jalan sudah dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat meskipun masih ada beberapa lokasi yang kondisi jalannya belum beraspal.

2). Penerangan  & Jaringan Komunikasi
Kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten Rote Ndao yang sudah terealisasi sampai saat ini adalah bantuan penerangan yang sudah dirasakan langsung oleh masyarakat di 6 Desa dan 1 kelurahan yang tersebar di wilayah Rote Timur sebanyak 666 buah dengan rincian sebagai berikut :
     1.      KWH meter                : 125 buah
     2.      SEHEN                       : 541 buah
Sehingga yang belum memiliki penerangan baik KWH meter maupun SEHEN sebanyak 799 KK yang tersebar di seluruh desa yang berada di rote timur, untuk Londalusi jumlah rumah yang telah memiliki akses listrik adalah sebanyak 1028, dan yang belum memiliki listrik adalah 98 rumah. Akan tetapi pelayanan listrik di desa Londalusi masuk dalam kategori kurang baik pasalnya di desa tersebut sering sekali terjadi pemadaman listrik sehingga hanya rumah yang memiliki diesel saja yang tetap akan terang. Demikian halnya dengan sarana komunikasi, warga mengandalkan sarana telepon seluler dengan operator Telkomsel. Operator nasional yang dianggap paling baik adalah jaringan Telkomsel, ada juga operator XL dan Im3 namun jangkauan dan sinyalnya masih sangat tidak stabil bahkan di beberapa titik masih banyak mengalami blindspot kecuali untuk di lokasi yang berdekatan dengan tower pemancar ataupun dermaga. Untuk akses internet, warga harus menuju internet desa di dekat sekolah SD Papela karena tower berada di dekat SD papela.
Akses jembatan di Desa Londalusi, Dusun Papela memiliki akses penyebrangan yang baik, karena pada tahun 2007 pemerintah Rotendao telah membangun jembatan penyebrangan tanjung serta didukung dengan Sarana jalan umumnya berupa jalan aspal dengan kondisi yang masih cukup baik. Akan tetapi kondisi sarana akses transportasi dan jalan yang cukup baik tersebut tidak didukung dengan kendaraan angkutan umum yang memadai, jumlah angkutan umum di dusun Papela hanya terdiri dari satu unit atau biasa dikenal dengan istilah “diskotik berjalan” sehingga mobilitas masyarakat menuju Dusun Papela maupun keluar dusun tidak terlalu mudah. Akibatnya adalah akses terhadap perkembangan informasi dan ekonomi banyak terhambat. Satu-satunya alternatif untuk terjadinya mobilitas adalah dengan menggunakan sepeda motor, baik itu sewa atau menggunakan milik pribadi. Secara umum kondisi jalan sudah dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat meskipun masih ada beberapa lokasi yang kondisi jalannya belum beraspal.
3). Air & Sumber Energi
Sumber air di Londalusi mendapat pasokan dari: 1). PDAM unit papela/Rote Timur dimana pada tahun 2011 jumlah pelanggan adalah sebanyak 258 rumah dan pemakaian air sebanyak 291.056 M3 dengan biaya pemasangan kisaran Rp.1.000.000 sampai Rp. 2.000.00 , pembayaran yang dilakukan setiap bulan oleh warga rata-rata  sebesar Rp.35.000/rumah ; 2). mobil truk yang berkeliling dengan dan pembagian secara bergilir yaitu 5 hari 1x, hasil wawancara dengan warga, kebutuhan air per KK rata-rata 5000 liter/ minggu  dimana satu drum berisi 200 liter seharga Rp. 15.000 sehingga dalam seminggu warga mengeluarkan dana Rp.375.000, dan apabila diakumulasikan dalam satu bulan warga mengeluarkan dana hanya untuk kebutuhan air bersih saja sebesar Rp. 1.500.000; 3). Sumber air lainnya adalah dengan penggalian sumur dengan kedalaman sumur berkisar > 9 meter, dan air yang diperoleh adalah air payau dengan kandungan kapur yang cukup tinggi, hal tersebut menjadi penyebab warga mengidap penyakit batu ginjal karena kapur yang semakin lama semakin mengendap dalam tubuh.
Di Londalusi, Dusun Tanjung bantuan dari pemerintah berupa MCK dan sarana air bersih telah dibangun, akan tetapi warga dibebankan Rp.1000/orang untuk biaya perawatan MCK. Hal tersebut membuat warga enggan untuk menggunakan fasilitas MCK dengan alasan tidak mau membayar biaya perawatan kebersihan bangunan tersebut. Dengan sulitnya fasilitas umum yang mudah diakses warga dan kesadaran sanitasi yang masih minim menyebabkan lingkungan di derah tepi pantai khususnya Dusun Tanjung kotor karena banyak sekali kotoran manusia yang berada di sembarang tempat (khusus Masyarakat Pesisir, warga Bajo pendatang dari Sulawesi); 4). Sebenarnya sudah ada bantuan dari pemerintah berupa sumur bor di Dusun Eahun dan Dusun Iia, akan tetapi warga di dusun tersebut yang mayoritas non muslim tidak ingin berbagi air dengan dusun lainnya dan sampai saat ini masih belum diketahui dengan pasti alasan mengapa warga dusun tersebut tidak ingin berbagi air dengan dusun lainnya seperti dusun papela yang mayoritas muslim.







Kebutuhan warga untuk kebutuhan sumber energi berupan minyak tanah dan bensin sangat tinggi, mengingat sebagian besar warga memasak dengan kompor minyak dan menggunakan kendaraan bermotor untuk akses transportasi akan tetapi akses warga untuk mendapatkan sumber Energi seperti minyak tanah dan bensin tidaklah mudah. Warga harus menunggu datangnya pasokan minyak tanah dan bensin dari Kupang ke Ba’a 1 bulan 1 x yang kemudian oleh agen minyak di ba’a akan disebarkan ke seluruh wilayah di rote seminggu 2x. Minyak tanah di jual per drum kapasitas 200 liter seharga Rp.1.400.000,- untuk warga yang membutuhkan dalam jumlah sedikit di dirigen-dirigen kecil warga harus mengantri panjang agar dapat membeli minyak tanah dengan harga Rp. 4500,- karena jika harga biasa tanpa mengantri minyak tanah berkisar antara Rp.6000 sampai Rp.8000.






3).Sarana Ibadah (Masjid)
Di Londalusi terdapat 3 masjid, yaitu masjid Al Bahri, Al muhajirin & Al Mujahidin. Masjid paling aktif diantara ketiga nya adalah masjid Al bahri karena masjid tersebut sering diadakan pengajian anak-anak yang berjumlah ± 200 santri dengan 7 pengajar. Kegiatan belajar Santri-santri diisi dengan hafalan-hafalan, membaca al qur’an dan dibagi menjadi 6 kelas sesuai dengan usia dan kemampuan menghafal. Semua santri yang terbagi dalam 6 kelompok belajar dalam satu waktu dan satu tempat tanpa sekat apapun hanya lingakran-lingkaran kecil yang tersebar di berbagai penjur masjid Al Bahri yang menjadi pembeda antar kelas, sehingga suara sahut menyahut antar para ustadz dan ustadzah bersaing agar para santri dapat fokus dan tidak terganggu dengan kelas lainnya.
Fasilitas seperti buku-buku keagamaan dan Al qur’an sangat minim, para ustadz dan ustadzah pengajar hanya mendapatkan fee sebesar Rp. 100.000/bulan bila semua santri membayar iuran, bahkan tidak jarang para ustadzah hanya mendapatkan Rp. 50.000/bulan, serta kurangnya Da’i muda yang siap menjadi penerus pak husein untuk memimpin, menghidupkan masjid dengan berbagai aktivitas, dan melatih para ustadz dan ustadzah guna meningkatkan kapasitas tenaga pengajar santri.

Masjid Al Mujahidin yang letaknya di Dusun Tanjung dimana tanah areal masjid hasil wakaf dari TNI angkatan laut, dan saat ini sedang dalam tahap pembangunan atas swadaya masyarakat muslim setempat, dan pemerintah. Saat ini Masjid Al Mujahidin telah selesai di bangun tanpa fasilitas wudhu yang memadai karena masih menggunakan tangki besar untuk saran wudhu para jama’ah dengan kapasitas 800 liter/ 1 tangki dan air tersebut diperoleh dengan membeli ke mobil air yang biasa berkeliling, dan tidak ada WC umum. Jika air di masjid telah minim, para jama’ah biasa berwudhu di rumah masing-masing sebelum berangkat shalat berjama’ah.















Thanks to:
1. pak ahmad (Ba'a)
2. pak untung (Kepala Dinas Pertambangan Rote & ketua umum BKM)
3. pak ahmad (imam masjid An nur di Ba'a)
4. mba aci (Papela, Kel. Londalusi)
5. imam masjid di Batutua
6. kepala dusun Batutua
7. pak umar (papela, kel. londalusi)
8. bu astiti (kepala sekolah SD papela di londalusi)
9. ketua koperasi di papela
10. semua staf pemerintah di Rote & warga yang bersedia menjadi narasumberkami selama survey disana










Inilah potret team survey : (kanan) ika Akmala - divisi program relief, mas husein - divisi program ekonomi,  mas yusa al farisi - pertanian sehat indonesia, & mas saripudin - kampoeng ternak (paling kiri).




 

25 komentar:

  1. Sangat informatif, Mbak. Bagaimana caranya jika ada saudara muslim yang ingin menyumbangkan Alqur'an atau buku-buku pelajaran mengaji untuk anak-anak disana? Mohon infonya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo semua,
      Nama saya Tuan, Rugare Sim. Saya tinggal di Belanda dan saya orang yang bahagia hari ini? dan saya mengatakan pada diri saya bahwa setiap pemberi pinjaman yang menyelamatkan saya dan keluarga saya dari situasi kami yang buruk, saya akan merujuk siapa saja yang mencari pinjaman kepadanya, dia memberikan kebahagiaan untuk saya dan keluarga saya, saya membutuhkan pinjaman sebesar $ 300,000.00 untuk memulai hidup saya sebagai seorang ayah tunggal dengan 2 anak saya bertemu dengan orang yang jujur ​​dan Allah takut kepada pemberi pinjaman yang membantu saya dengan pinjaman sebesar $ 300.000,00, dia adalah orang yang takut akan Allah, jika Anda membutuhkan pinjaman dan Anda akan membayar kembali pinjaman, silakan hubungi dia mengatakan kepadanya bahwa (Mr, Rugare Sim) merujuk Anda kepadanya. Hubungi Mr, Mohamed Careen melalui email: (arabloanfirmserves@gmail.com)


      FORMULIR INFORMASI APLIKASI PINJAMAN
      Nama depan......
      Nama tengah.....
      2) Jenis Kelamin: .........
      3) Jumlah Pinjaman Yang Dibutuhkan: .........
      4) Durasi Pinjaman: .........
      5) Negara: .........
      6) Alamat Rumah: .........
      7) Nomor Ponsel: .........
      8) Alamat email ..........
      9) Penghasilan Bulanan: .....................
      10) Pekerjaan: ...........................
      11) Situs mana yang Anda di sini aboutus .....................
      Terima kasih dan Salam.
      Email arabloanfirmserves@gmail.com

      Hapus
    2. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

      Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

      Hapus
  2. Jika diperkenankan, saya mohon dikirimkan kontak person warga muslim di Rote Ndao (Ba'a dan Londalusi) ke alamat email saya: nurdin.062@gmail.com

    InsyaAlloh tahun ini saya akan mengabdi sbg Guru tetap di Rote. Semoga kedatangan saya bisa menbantu peningkatan kesejahteraan masyarakat Rote, khususnya warga muslim.
    terima kasih

    BalasHapus
  3. Jika diperkenankan, saya mohon dikirimkan kontak person warga muslim di Rote Ndao (Ba'a dan Londalusi) ke alamat email saya: nurdin.062@gmail.com

    InsyaAlloh tahun ini saya akan mengabdi sbg Guru tetap di Rote. Semoga kedatangan saya bisa menbantu peningkatan kesejahteraan masyarakat Rote, khususnya warga muslim.
    terima kasih

    BalasHapus
  4. Kami dari tim Ekspedisi Beranda Indonesia akan melakukan pengabdian di Rote. Jika berkenan boleh kami minta kontak Mbak?

    BalasHapus
  5. KESAKSIAN! KESAKSIAN! KESAKSIAN! BAGAIMANA SAYA GOT MY PINJAMAN


    Halo semua orang namaku adalah Jessica Shannon Berger, PM di sini untuk bersaksi bagaimana saya scammed. Saya membutuhkan pinjaman, dan saya diterapkan dari berbagai lender pinjaman dari situs ini. Mereka meminta saya untuk membayar sejumlah uang pada dasar yang berbeda tetapi saya tidak pernah mendapatkan pinjaman saya. Ini adalah bagaimana saya kehilangan jumlah 7.000 USD. Aku sekarang dalam utang karena aku meminjam uang dari seorang teman. Suatu hari, seorang teman saya memperkenalkan saya kepada Miss Nancy Leonard.He mengatakan kepada saya bagaimana dia telah membantunya dengan pinjaman pada beberapa kasus tanpa penundaan. Aku takut dan tidak percaya kepadanya. Dia mendorong saya untuk percaya padanya, ini adalah bagaimana saya sebagai memperkenalkan kepadanya melalui email nya {ptlenders@yahoo.com}. Dia bilang dia akan menawarkan pinjaman bahwa aku hanya perlu untuk mematuhi mereka. Aku seperti dia mengatakan kepada saya dan tanpa penundaan, saya menerima pinjaman saya sebagai dia janji sebelumnya. Saya di sini untuk memberitahu Anda bahwa sebagian besar pemberi pinjaman pinjaman dalam situs ini adalah penipu. Jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman asli silahkan bertemu Elvin Morrison melalui ptlenders@yahoo.com email nya. Dia adalah pemberi pinjaman pinjaman terpercaya yang terdaftar.

    BalasHapus
  6. Halo
    Ibuku Isabella, pemberi pinjaman pinjaman pribadi, saya meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari bank karena skor rendah kredit, pinjaman usaha, pinjaman pendidikan, kredit mobil, kredit rumah, perusahaan kredit dan banyak lebih, atau Anda ingin membayar utang atau biaya, atau sebelumnya Anda telah scammed oleh pemberi pinjaman uang palsu? Selamat Anda sekarang berada di tempat yang tepat, dengan ISABELLA MORGAN KREDIT LAYANAN, layanan pinjaman handal, yang menyediakan pinjaman pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%, kami datang untuk mengakhiri semua masalah. kita menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan rahasia dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: isabellamorganloanservice@gmail.com
    Kami Apakah di sini untuk melayani Anda lebih baik !!

    BalasHapus
  7. assalamualaikum, terima kasih infonya sangat detail. jika berkenan boleh saya minta contact mba, jika bersedia mohon di email ke saya eka.stiawaty@gmail.com. Terima kasih

    BalasHapus
  8. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  9. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2%. Hore !!! Ini hampir sampai ke akhir tahun ini dan kami berada di Maria Annette Pinjaman Perusahaan, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: (mariaannetteloanfirm@gmail.com)

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Pinjaman Durasi: ____________
    Pinjaman bunga: _____________
    Nomor ponsel: ________

    (Mariaannetteloanfirm@gmail.com)
    Ibu. Maria.Annette

    BalasHapus
  10. Halo, nama saya Nona. Dwiokta Septiani Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu, saya tegang finansial dan putus asa, saya scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Anita Charles pemberi pinjaman cepat, yang meminjamkan jumlah pinjaman tanpa jaminan dari 430 juta dalam waktu kurang dari 12 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk, dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji Ibu Anita saya akan berbagi kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan semacam pinjaman, hubungi Ibu Anita melalui email: anitacharlesqualityloanfirm@mail.com.
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: septianidwiokta@gmail.com
    Sekarang, semua saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran angsuran bulanan saya, yang saya kirim langsung ke rekening bank perusahaan.

    BalasHapus
  11. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM di salah satu blog saya menghubungi Mrs Iskandar Lestari konsultan kredit via email:((iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hutang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email: ((iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com))atau melalui dia
    BBM INVITE:{D8980E0B}

    BalasHapus
  12. Saya adalah Ibu Nur Amalina, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka adalah banyak scammers dan pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan menolong saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang kemudian menyebut saya sebagai pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mrs. Charity meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 750 juta rupiah Indonesia (Rp750.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan dan hanya dengan suku bunga 2% saja.

    Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajarkan dikirim langsung ke akun saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi dia melalui email: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda memenuhi persyaratannya.

    Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (nuramalinasofiyani05@gmail.com) Akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  13. Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman pribadi uang, apakah Anda berutang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Saya memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah, yaitu 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan ke perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  14. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  15. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  16. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  17. Saya ingin memulai dengan bersyukur kepada Tuhan atas karunia kehidupan.
    Nama saya Nadia Sisworo dan saya ingin berbagi cerita yang bagus tentang ibu Rossa Stanley Favor perusahaan yang layak secara finansial yang membuat hidup saya manis.
    Saya telah mengalami kesulitan keuangan selama beberapa waktu dan saya harus meminjam dari teman-teman saya karena saya berharap untuk membayar mereka kembali setelah menerima gaji saya.
    Dan saat itulah hidup saya berubah menjadi yang terburuk, saya dipecat dari pekerjaan dan saya kehilangan ibu saya beberapa bulan kemudian. Setelah ibu saya dimakamkan, teman-teman saya mulai meminta uang mereka kembali.
    Tetapi ketika saya pikir hidup saya sudah berakhir, saya benar-benar mencoba bunuh diri, saat itulah ALLAH menggunakan teman saya dan Neighbor Annisa Berkarya yang sekarang pindah ke Singapura, dia membantu saya menghubungi ibu Rossa Stanley yang katanya seorang teman dari India menghubungkannya dengan ibu Rossa, jadi saya menceritakan kisah saya kepada ibu, dia meminta dokumen saya yang saya ajukan dan sebelum saya mengetahuinya permintaan pinjaman saya untuk Rp120.000.000,00 disetujui, sebelum itu saya telah mencoba tiga perusahaan pinjaman online yang berbeda tetapi tidak ada bantuan positif, tetapi ibu rossa Stanley melalui perusahaan pinjamannya ROSSATANLEYLOANCOMPANY mengubah hidup saya dan saya telah memutuskan bahwa sampai saya mati saya akan terus membagikan kisah ini sehingga sesama warga negara saya dapat memperoleh manfaat darinya, jangan hubungi pemberi pinjaman palsu yang membanjiri mana-mana dengan cerita pinjaman palsu, Setelah itu proses persetujuan kredit selesai dan saya menerima surat persetujuan dari perusahaan yang menyatakan bahwa saya harus memberikan rincian bank saya. Saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa rekening bank saya dikreditkan dengan jumlah pinjaman yang saya minta. mother rossa stanley adalah satu-satunya pemberi pinjaman nyata, tulus dan tulus di seluruh dunia sehingga jangan ragu untuk menghubungi ibu Rossa Stanely di saluran ini

    ROSSASTANLEYLOANCOMPANY@GMAIL.COM
    HANYA TEKS MEREKA +12133153118

    Ini adalah kesaksian saya dan dapat diverifikasi dengan detail akun saya yang di bawah ini jika Anda ragu

    itulah bagaimana hidup saya berubah dan saya akan terus berbagi berita sehingga semua orang dapat melihat dan menghubungi perusahaan yang baik yang mengubah situasi saya.
    Anda juga dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan saya atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Ini email saya: nadiasisworo@gmail.com
    Dan di bawah ini adalah detail akun saya yang dikreditkan dengan pinjaman dari rossastanleyloancompany,

    Alamat bank: Cabang Jatinegara Jakarta Timur
    Nama akun: Nadia Sisworo
    Nomor akun: 0504482516
    Nama Bank: Bank Negara Indonesia (BNI)

    BalasHapus
  18. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  19. KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!!

    Halo semua, nama saya Mrs. Arya Theresia, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari MRS CHRISTY MORRIS LOAN FIRM karena begitu banyak pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet dan juga untuk memberi tahu Anda bahwa saya adalah korban penipu internet berkali-kali, jadi saya tidak kehilangan harapan sampai saya dirujuk oleh seorang teman ke pemberi pinjaman terpercaya bernama MRS. CHRISTY MORRIS yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp850.000,0000 dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan, saya sarankan CHRISTY MORRIS LOAN FIRM adalah yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka maju, Amin

    Jika Anda memerlukan bantuan tentang cara mendapatkan pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (aryatheresia750@gmail.com)

    Anda dapat menghubungi perusahaan secara langsung dengan pinjaman mereka
    Email: (christymorrisloanfirm@gmail.com)
    Terima kasih.

    BalasHapus
  20. KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!!

    Halo semua, nama saya Mrs. Arya Theresia, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari MRS CHRISTY MORRIS LOAN FIRM karena begitu banyak pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet dan juga untuk memberi tahu Anda bahwa saya adalah korban penipu internet berkali-kali, jadi saya tidak kehilangan harapan sampai saya dirujuk oleh seorang teman ke pemberi pinjaman terpercaya bernama MRS. CHRISTY MORRIS yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp850.000,0000 dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan, saya sarankan CHRISTY MORRIS LOAN FIRM adalah yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka maju, Amin

    Jika Anda memerlukan bantuan tentang cara mendapatkan pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (aryatheresia750@gmail.com)

    Anda dapat menghubungi perusahaan secara langsung dengan pinjaman mereka
    Email: (christymorrisloanfirm@gmail.com)
    Terima kasih.

    BalasHapus
  21. Halo semuanya,
    tolong, saya segera ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman kredit yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan membiayai,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan sejumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diminta untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)
    Terima kasih semua.

    BalasHapus
  22. Selamat siang semuanya !!!
    Nama saya Tn. Rashid Husaen dan saya berasal dari Jawa Barat, Indonesia dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya berkata pada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan memberi tahu namanya kepada dunia. dan saya sangat senang mengatakan bahwa keluarga saya kembali selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp300.000.000,00 untuk memulai hidup saya karena saya adalah satu ayah tunggal dengan 5 anak dan dunia sepertinya mengandalkan saya ketika saya mencoba mendapatkan pinjaman Dari bank dan bank online menolak pinjaman saya, mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dengan janji manis untuk membantu saya

    Sampai saya melihat pos ibu Nyonya Maria dari sebuah blog dan saya memohon padanya, dia memberi saya semua syarat dan ketentuan dan saya setuju dan dia mengejutkan saya dengan pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, dan pada awalnya saya berpikir ini tidak mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu dan janji-janji palsu saya, tetapi yang mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp300.000.000,00 dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Nyonya Maria Alexander wanita kata-katanya, melalui email : (Mariaalexander818@gmail.com) karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik. siapa pun yang ingin pinjaman atau cara mendapatkan pinjaman asli, harus menghubungi Via

    email: (mariaalexander818@gmail.com)
    whatsapp: (+1 651-243-8090) Viber; (+1 651-243-8090)

    Anda dapat menghubungi saya Ny. Rashid untuk informasi lebih lanjut (rashidhusaen18@gmail.com)

    Allah Maha Besar
    Terima kasih semuanya

    BalasHapus
  23. Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya Andika Enny, TOLONG, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan sangat mendukung saya melalui ibu yang baik, MARIA ALEXANDER. Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan lebih dari 40 juta Rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda setelah membayar sejumlah biaya dan tidak mendapatkan pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya Kabu layu yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ibu MARIA ALEXANDER, seorang pemberi pinjaman di perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu MARIA, jadi Saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ibu MARIA.

    Saya mengajukan pinjaman 3 milyar Rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dibuat pada transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberi tahu untuk mendapatkan perjanjian lisensi aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 3 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga ALLAH memberkati Mrs. MARIA ALEXANDER untuk membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. MARIA melalui email: (mariaalexander818@gmail.com) atau (Whatsapp: + 1 651-243-8090) untuk pinjaman anda

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya ANDIKA ENNY, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (andikaenny0@gmail.com)

    BalasHapus