Minggu, 05 Mei 2024

dapetin visa Amerika dalam waktu 14 hari? ternyata Bisa gaes😃

cara dapetin visa amerika dalam waktu 14 hari! kamu cukup lakukan 3 hal:

1. isi from https://ceac.state.gov/genniv/
2. melakukan pembayaran dan atur jadwal interview
3. Interview! 
enaknya urus visa USA klo di approved langsung di kasih tau hari itu juga😃. 
mudah bukan?


lalu gimana caranya biar approved?

nah penjelasanya aku jabarin ya..
 step 1:
isi form https://ceac.state.gov/genniv/ 
saat ngisi form online,pastikan beberapa hal ini:
- kalian login,buat akun.. simpan kode ,dan ingat password ya. kalau q save di catatan gitu jadi ngisi form ini tuh online dan per 20 menit akan ke logout sendiri tapi tenang form kamu akan ke simpan otomatis TAPI kamu kudu login dengan akun yang sama jadi saat k logout tiba-tiba,kamu tinggal lanjutin isi form nya deh . isi form ini butuh ketelitian ya gaes jadi baca betul-betul dan isi data nya dengan sebenar-benar nya.

- untuk tiket pesawat dan hotel ,di form ini ga di tanyain sama sekali. kamu cuma akan di tanya tanggal berapa sampai,berapa lama kamu tinggal disana dan tanggal berapa kamu balik ke indo . dimana kamu akan tinggal selama itu dan itu cukup kota nya aja  ga sampe detail hotel check in check out ya.. jadi tiket pesawat pun masih bisa di kondisikan after kamu di approved nanti visa nya.. just for prepare q udah nyiapin dummy tiket dari travel dulu buat jaga-jaga ni sebtulnya ga perlu juga sih.

oya anyway q apply untuk jenis visa B1/B2 untuk visa bisnis ya karena q dapat undangan dan ini memudahkan banget. kamu bisa cek kamu akan pilih jenis visa apa di link berikut 
https://travel.state.gov/content/travel/en/us-visas.html. 

- di form ni akan detail banget soal kamu ada riwayat kriminal apa enggak,aktif di organisasi apa,, sampe akun socmed juga di minta di isi ya. tapi jangan khawatir,, klo kamu anak baik - baik kayak akyuu 😇

- setelah isi semua pertanyaan di form ,akan tiba saatnya kamu harus mengunggah foto kamu. nah ni ketentuan nya agak ribet menurut q karena ada rata kanan,rata kiri dan ketentuan soal background serta khusus untuk yang berkerudung.. ada syarat tertentu ,size dan ukuran ada info lengkap ny di form ya . yaitu kerudung kudu pooll ampe garis rambut,jadi rambut kudu keliatan ,meski dikittt aja selembar dua lembar mah lah,, jangan pake ciput yg bisa menutupi kejenongan jidat kitah jadi kudu mentereng kitu! jangan sampe ada bayangan dari kerudung ya dan dagu kudu terlihat jelas, lalu pandangan mata lurus kedepan, btw aku sempet approved di form tapi pas inteview di suruh foto ulang hahaha karena jenong ny kurang di pamerin . jadi di noted banget ya ini wahai kaum muslimah supaya ga harus ulang foto kayak akuh. info lengkap untuk foto bisa baca disini ya https://travel.state.gov/content/travel/en/us-visas/visa-information-resources/photos.html

- nah foto udah OK! maka kamu akan dapet lembar confirmation dan ada barcode nya. lembar konfirmasi itu di print ya karena akan jadi syarat dokumen saat kamu payment visa di bank cimb Niaga.

Step 2:
sebelum melakukan pembayaran  kamu kudu dengan isi dan buat profile di https://portal.ustraveldocs.com/?language=English&country=Indonesia.
disini kamu akan isi data,masukan kode dari lembar konfirmasi yang udah kamu dapetin sebelum nya, pilihan untuk pengambilan visa nanti dan cara untuk dapat tagihan VA untuk pembayaran. kalau kamu punya bank cimb Niaga enak tuh bisa langsung transfer ,berhubung q ga punya jadi besok hari nya q ke bank berbekal lembar konfirmasi,dan tagihan VA untuk pembayaran .. diserahkan ke kasir. proses penerimaan pembayaran dari Cimbg Niaga ke bank amerika butuh 1x24 jam ya gaes jadi kita musti nunggu dulu untuk bisa terkonfirmasi.  pantau nya di https://portal.ustraveldocs.com/confirmreceipt. kemarin q payment nya hari jumat jadi musti nunggu hari senin, jam 12 siang untuk bisa ngecek pembayaran sudah terkonfirmasi. Qadarullah senin di jam 12 itu , slot tanggal yang terbuka ada yang paling cepat 2 maret di surabaya karena keberangkatan q jadwal kegiatanya 1 april jadi q punya spare waktu banyak klo ada apa2 ya.. kenapa ga di jakarta? soalnya slot jakarta full sampe 23 maret. pengalaman saat urus visa schengen itu palingggg mefett aja 14 hari kerja jadi saat itu q fikir ga mungkin banget klo q baru interview, apalagi baca - baca pengalaman dari member group backpaker international ada yang kudu nunggu 1 bulan ada juga 3 bulan. meski sempet ragu dan tanya kak ara bolak balik,, dengan sabar nya dan sat set kak ara bilang ambil aja yg tgl 2. alhamdulillah Allah kasih tanggal yang udah pas banget.  nah udah dapet tanggal baru deh q siapin dokumen buat wawancara..

step 3: 
berkas yang musti di bawa saat wawancara itu 
- surat keterangan kerja dari kantor /lembaga dalam bahasa inggris yang membuktikan klo q memang delegasi yang ditugaskan kesana dan lembaga serta pengundang mengcover kebutuhan q selama di san francisco, masa kerja,berapa lama q akan bertugas disana dan kapan q balik ke indo dan bekerja lagi

- surat undangan yang menyatakan kegiatan,tanggal, nama q sebagai yg di undang dan lokasi kegiatan serta pic lokal 

- paspor ( q bawa paspor lama q juga karena memang baru di perpanjang saat mau apply visa dan itu nge bantu banget klo kita udah punya track record pernah ke negara lain juga ya)

- foto 5x5cm 2 lembar ,yang sesuai yg q jelasi di step 1 ya gaes

selain dokumen di atas ,buat jaga-jaga q juga bawa dokumen KK,KTP, print koran rekening lembaga,print out tiket dan hotel,rundown kegiatan lengkap .. tapi itu ga di tanyain sama sekali ternyata hehehe . di bawa ajah buat jaga-jaga mah yak.

nah saat interview apa aja yang di tanyain,,
1.Where you gonna visit in USA ?
2.Where are you working now ?
3.How long you’ve been working in this company ?
itu pertanyaan standar banget yang pasti di tanyain,pasti ada pertanyaan lanjutan ya sesuai jenis visa dan dokumen yang kamu bawa. kunci lancar nya interview adalah RELAX dan stay calm (meski di hati mah dzikir ga henti-henti hehehe) insya allah lancar jaya..

q mau ceritain nih proses pas mau masuk ke kedutaan. fyi kedutaan USA di jaga super ketat,kita g boleh motret ya selama disana,harus datang min. 15-30 menit sebelum jadwal inteview,berpakain rapi dan pakai sepatu. jangan terlalu bergerak yg aneh aneh macem jalan sambil kayang, atau goyang2 sendiri macem lagi gendong anak. please dont do that 😂 segala gerakan kamu di pantau banget soalnya. kamu panik aja akan di perhatiin banget.. kecuali emang kamu tipe caper muehehehe.
lanjut ya..
masuk ke kedutaan jangan bawa apa-apa selain berkas yang dibutuhkan. semua peralatan yang ada di tas akan di periksa bahkan chargeran,pulpen , hp&leptop kudu di tinggal di security. kamu cuma harus bawa berkas aja !
masuk satu persatu sesuai urutan jadwal interview dan kedatangan, alhamdulillah q no. 3 jadi bisa liat dan pelajari 2 orang sebelum q hehehe.

tahapan nya saat kamu masuk ke ruangan, kamu akan di panggil 3 tahap.pertama cek berkas , kedua scan sidik jari dan ketiga interview. nah ketiga tahap itu ada di 3 loket yang berbeda, loket ny kayak penjual tiket gtu ya gaes.. jangan bayangin petugas ny jejerean macem cs bank. favorit q ada di loket sidik jari soalny mba nya ramah polll🥰.

lanjut ke interview ,nahh ni yg paling bkin dag dig dug derr ya karena penetuan kamu approved atau enggak.

sambil menunggu antrian di panggil interview,, q pasang telinga intelegent akuh kuat - kuat gaes.. 
no. 1 itu adalah sesosok bapak-bapak yg  di panggil,dia ditanya pake b. inggris ,,jawabany  si bapak ny  rada ragu-ragu dan speechless ,, terakhir kedengaranya "sorry I can't approved your visa". oowwh sedih dan hati makin dug der hati ini pemirsa... karena duit  bisa melayang cuy 3 juta 😅 . 

tibalah antrian no. 2 ibu-ibu IRT yang mau nengokin anaknya (kok tau?sempet SKSD sama si ibu ituh pas nunggu antrian soalny ehehe).. ibu itu d tanya dalam b.indo ,,si ibu jawab dg santai dan alhamdulilah cepet banget si ibu dapet approved.
dan tibalah giliran sayah..  q yang udah pede okehh. b.indo weh lah. daripada aing grogi🫣.
beginilah kira-kira kronologi nya...
si bapak petugas bule tanya ,
👱 pagi..
🧕pagii pak.. (menunjukan wajah sumringah tapi ga lebay dan tetap anggun kayak raisa)
👱kamu mau ngapain disana? kota apa tempat kegiatan kamu? apa yang kamu lakukan disana? 
🧕 was wes wos ..

dan ga lama kata bapak bule ny "ok saya approved tapi kamu perlu perbaiki foto kamu ya,foto yang kamu bawa tidak bisa kami terima" terus dia kasih selembar kertas putih isi alamat DHL mana q harus menyerahkan revisian foto nya.

abis itu rada ng fly sayah nih,,ni beneran approved apa belum ya.. belum berbangga hati sebelum visa di tangan kan,langsung cuss ke tukang foto yang udah punya standar foto visa amerika. foto ulang ,,,bayar tukang foto dan cus ke DHL yang tertera di lembar tadi. 
setelah selesai ,, langsung ngejar kereta balik ke jakarta saat itu juga. emang gambling banget sih, q psen tiket tgl 1 balik tgl 2 yg malam , numpang tidur di kantor cabang jatim,makan cuma sesempet nya,,duit pas pasan 😂🤣 ya gtu lah sayah masih kaum marjinal gaes.

Alhamdulillah nya allah kasih teman-teman yang baik yg mau jemput,mau anterin, tetep ada yg kasih oleh-oleh surabaya meski hanya sebentar ketemu nya. ya gtu lah cerita sayah.

dalam perjalanan ada email masuk ,bahwa ada persyaratan yg belum lengkap yaitu foto. di jalan q rada kaget,lah kan tadi dah dimasupin foto revisi apakah masih salah?? sempet overthingking sih tapi alhamdulillah ny itu memang email update soal progress aja dari status kedutaan ..foto revisian q tentunya masih di DHL ,,masih otw..jadi belum keterima. baru di terima sama kedutaan tanggal  4 maret.  after itu tanggal 13 maret visa udah bisa di ambil di DHL menteng,jakarta. saat mengambil visa ,datang jam 10 ambil antrian dan harus bawa foto copy ktp untuk bukti itu adalah paspor kita dan kita mengambil nya sendiri. untuk keberangkatan q di awal april ,,q punya spare waktu yg cukup untuk rapihin dulu kerjaan,issued tiket hotel dan pesawat dan matengin materi presentasi.

setelah visa di tangan baru lah percaya diri ini sesungguh nya saya memang di approved visa nya.. jadi kesimpulan nya q isi form tgl 22 februari,, dan q dapat visa di 13 maret gaes..  jadi makan waktu sekitar 14 hari kerja ya..YEAA!!!🥳pamer pamer visa ke kolega kolega terdekat ahahahaha..

oya klo bukan karena kebaikannya Allah, ridho suami dan bantuan semua teman-teman ga akan selancar itu kayaknya😁 

so,special thank's to:
- pal mart yang kasih kesempatan buat q jadi salah satu speaker di forum lintas negara. nu isi na bule kabeh gesss.. jadi punya surat sakti sayah

- bapak paksu akuhh yang ACC saat awal banget q dapet undangan jadi  ridho suami sudah di tangan hahahaha ,makasih y sayang udah standby jagain anak-anak kita🥰

- buat kak ara yang selalu sabar jawabin semua chat an q yang macem anak TK yg lagi nyari jalan ke sekolah 😂,kasih tips tips nya sampe detail banget..

- mas haryo kasih tips tips dan bocoran untuk urus visa USA

- mas jhon ,candra dan kawan2 ddv jatim yang bantu jemput dan nganterin ibu-ibu inih ke kedutaan di pagi hari,, serta DDV seluruh nusantara yg selalu istiqomah sampe sekarang untuk tetap berjuang bersama di barisan gerakan #asiktanpasampahplastik nya

- cak ipul ,di sela-sela  waktu abis q interview di kedutaan mau nyempetin waktu ketemu dengan diriku dan bekelin q oleh-oleh khas surabaya,,

- kak fia dengan kebaikan hati dan ilmu nya mauuu bantuin bahasa inggris akuh yang masih balelol inih..

- mas arif yang sebetulnya ga yakin q dapet visa tapi justru yang paling utama dorong akuh untuk mencoba sampe berani mencoba semua proses inih🤣

- mas syamsul ,user q.. yang selalu standby kasih kiat-kiat agar materi q nampol dan berbeda dg yg lain saat presentasi nanti,,dan beneran donk dapet applause dari semua audience🥹

- semua kawan - kawan multi divisi dan jajaran direksi di Dompet Dhuafa yang sudah support banget. 

- kawan-kawan panitia zero waste USA : teressa,hayden,mary dan semuanya.. sudah bantu fasilitasi semua kegiatan dan jadi teman baik selama kegiatan  berlangsung.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar